Survei Charta Politika: TNI dan Presiden Jadi Lembaga Paling Dipercaya

Jakarta, Beritasatu.com – TNI dan Presiden menjadi lembaga tinggi negara yang paling dipercaya masyarakat. Hal itu terungkap dalam temuan survei nasional terkait kepercayaan terhadap lembaga tinggi negara yang dilakukan Charta Politika Indonesia.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, ada 7,2 persen masyarakat yang sangat percaya dan 77,1 persen cukup percaya pada TNI. Kemudian presiden ada di urutan kedua dengan persentase 5,9 persen masyarakat sangat percaya dan 77,3 persennya cukup percaya.

“Presiden dan TNI dinilai responden sebagai lembaga tinggi negara yang paling dipercaya,” ujar Yunarto melalui keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021).

Posisi ketiga ada Polri yang menjadi lembaga yang dipercaya masyarakat dengan 5,5 persen sangat percaya dan 65,3 persen cukup percaya. Kemudian disusul KPK di posisi keempat dengan persentase 6,4 persen masyarakat cukup percaya.

“KPK 66,1 persen masyarakat cukup percaya,” kata Yunarto.

Sementara itu, MPR 2,6 persen sangat dipercaya, Kejaksaan Agung 2,3 persen sangat dipercaya dan DPR 1,6 persen sangat dipercaya.

Metode survei yang digunakan metode sampling pengacakan sistematis sebanyak 1.200 responden. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 20-24 Maret 2021. Responden merupakan warga negara Indonesia yang berusia di atas 17 tahun.

Oleh : Yudo Dahono / YUD

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.