Survei Charta Politika: Ganjar Teratas dengan 31,3 Persen, Disusul Prabowo dan Anies

TEMPO.CO, Jakarta – Ganjar Pranowo meraih elektabilitas tertinggi dalam survei terbaru Charta Politika Survei Indonesia yang dilakukan pada 6-13 September 2022.

Charta Politika melakukan beberapa simulasi dalam pengumpulan data. Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo meraih elektabilitas 31.3 persen. Tepat di bawahnya ada Prabowo Subianto yang mendapatkan elektabilitas 24.4 persen. Kemudian pada peringkat ketiga merupakan Anies Baswedan yang memperoleh elektabilitas 20.6 persen.

“Terlihat jelas bahwa hasil survey ini menunjukkan Elektabilitas Ganjar lebih unggul dibanding elektabilitas Prabowo dan juga Anies,” seperti dikutip dari rilis Charta Politika, Kamis 22 September 2022.

Peringkat keempat tertuju pada nama Ridwan Kamil yang mendapatkan elektabilitas 7.2 persen. Kemudian di urutan ke lima ada Sandiaga Uno dengan elektabilitas 2.5 persen. Perbandingan elektabilitas yang didapatkan masing-masing calon tiga besar dengan calon di bawahnya terbilang jauh.

Pada simulasi tiga nama pun Ganjar tetap unggul

Kemudian jika melihat pada simulasi 3 nama yang tercantum, Ganjar Pranowo masih unggul dengan elektabilitas 37.5 persen. Di bawahnya, Prabowo Subianto yang mendapatkan elektabilitas 30 persen, lalu diikuti oleh Anies Baswedan dengan elektabilitas 25.2 persen. “Pilihan publik terhadap ketiga calon presiden terbilang stabil,” dalam keterangan Charta.

Charta Politika Survei Indonesia telah melakukan survei pada kurun waktu satu minggu. Survei ini memakai metode wawancara tatap muka yang diikuti oleh 1220 responden dengan menggunakan multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error 2.82 persen.

 

Reporter: magang_merdeka
Editor: Eko Ari Wibowo
Foto: Tempo.co
Sumber: https://bit.ly/3C0G61a

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.