Elektabilitas Anies dan Ganjar Berpeluang Terus Meningkat

Jakarta, Beritasatu.com – Ada tiga tokoh nasional yang memiliki tingkat elektabilitas signifikan dalam konteks menjelang Pemilu 2024 berdasarkan hasil rilis sejumlah lembaga survei. Tiga tokoh tersebut yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Terkait hal itu, elektabilitas Anies serta Ganjar dipandang masih berpeluang untuk terus meningkat.

Demikian disampaikan oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya pada acara News On The Spot yang disiarkan Beritasatu TV dengan tajuk “Peluang Ganjar dan Anies di 2024.”

“Betul bahwa kalau ada anggapan siapa yang masih berpeluang naik elektabilitasnya, siapa yang berpeluang stagnan di antara ketiga nama itu, betul saya ingin mengatakan bahwa peluang Mas Ganjar dengan Mas Anies itu lebih tinggi dibanding Pak Prabowo untuk bisa mengalami growth,” kata Yunarto di acara tersebut, dikutip pada akun Youtube BeritaSatu, Sabtu (17/9/2022).

Pandangan Yunarto tersebut berdasarkan pada temuan bahwa tingkat pengenalan Prabowo di publik sudah mencapai angka maksimal. Dia mengungkapkan, terdapat sebuah rumus untuk memahami elektabilitas seseorang. Rumus tersebut bermula dari tingkat pengenalan, kesukaan, lalu elektabilitas.

Dari yang Yunarto rangkum berdasarkan rilis sejumlah lembaga survei, tingkat pengenalan Prabowo sudah di atas 95%, sementara Anies berada di kisaran 87%-89%, sedangkan Ganjar di sekitar angka 74%-78%. Dia menuturkan, ketika masa kampanye dimulai, tingkat pengenalan ketiganya dari sebelumnya jomplang akan setara satu sama lain karena bakal diumumkan ke seluruh Indonesia sosok-sosok yang menjadi calon presiden (capres).

“Biasanya yang tingkat pengenalannya sekarang di survei rendah, itu kemudian akan naik dan otomatis elektabilitas juga mungkin naik. Dilihat dari sisi itu memang peluang dari Mas Anies dan Mas Ganjar untuk menaikkan elektabilitasnya itu masih lebih ada ruang gerak dibandingkan dengan Pak Prabowo,” tutur Yunarto.

Hanya saja, Yunarto menekankan elektabilitas seseorang tidak hanya mengacu pada apa yang dia paparkan tersebut. Dia menjelaskan, terdapat variabel-variabel lainnya yang turut menentukan elektabilitas seseorang.

“Teorinya seperti itu walaupun ada variabel-variabel lain yang akan menentukan berapa jumlah partai yang akan bekerja secara politik, berapa banyak relawan, termasuk efektivitas dari melakukan kampanye,” ucap Yunarto.

Oleh : Muhammad Aulia / WM
Foto : Istimewa
Sumber : https://bit.ly/3UksKE2

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.