Charta Politika – Lembaga Edukasi Politik, dimaksudkan sebagai bagian dari pemecahan persoalan kepemimpinan politik nasional dengan program-program yang disusun & diarahkan untuk dapat menjawab tantangan kepemimpinan masa kini dan akan datang. Program pendidikan & pelatihan dirancang sebagai suatu media pembelajaran yang tidak hanya memberi pengetahuan teoritis, melainkan dilengkapi juga dengan keterampilan-keterampilan praktik dalam berpolitik.

Membangun kerjasama dengan berbagai institusi & tokoh nasional, baik pelaku politik, lembaga non-pemerintah, pers, maupun pihak-pihak lain sebagai sarana penguatan jaringan & penyebarluasan informasi guna memperluas wawasan politik & menumbuhkan semangat kebersamaan bangsa secara keseluruhan.

Program-program pendidikan di rancang untuk dapat menjawab tantangan secara praktis & aplikatif. Pada akhirnya diharapkan Charta Politika – Lembaga Edukasi Politik, dapat melahirkan pemimpin-pemimpin Indonesia yang kompeten.

Program Pelatihan yang diselenggarakan oleh Charta Politika – Lembaga Edukasi Politik dibagi menjadi dua model:

  1. Public Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan untuk masyarakat umum dengan materi yang sudah desain secara independen oleh tim Charta Politika – Lembaga Edukasi Politik.
  2. Inhouse Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan khusus untuk institusi klien. Materi pelatihan bersifat tailor made dan disesuaikan dengan kebutuhan klien.