Focus group discussion yang lebih terkenal dengan singkatannya FGD merupakan salah satu metode riset kualitatif yang paling terkenal selain teknik wawancara.

FGD adalah diskusi terfokus dari suatu group untuk membahas suatu masalah tertentu, dalam suasana informal dan santai. Jumlah pesertanya bervariasi antara 8-12 orang, dilaksanakan dengan panduan seorang moderator.

  1. Komposisi peserta relatif homogen dilihat dan kelas sosial-ekonomi
  2. Tempat diskusi bagi mereka tidak terlalu formal. Kecuali diskusi dengan tokoh formal, diskusi dengan kelompok lainnya disarankan untuk dilangsungkan di tempat kediaman salah seorang peserta, tidak di kantor desa atau di tempat kediaman tokoh masyarakat yang “disegani”.
  3. Format diskusi mencerminkan kesetaraan derajat peserta diskusi, misalnya sama-sama duduk di lantai dalam bentuk melingkar.
  4. Peneliti dapat menempatkan diri secara tepat bahwa dia berperan sekedar sebagai moderator yang sederhana dan berasal dari kelas sosial yang tidak terlalu berbeda dengan peserta. Penampilan dan moderator yang mengesankan eksklusivitas harus dihindari.
  5. Jumlah peserta tidak terlalu banyak sehingga semua peserta memiliki kesempatan waktu yang cukup untuk mengutarakan pendapat atau perasaan. Jumlah peserta untuk setiap kelompok disarankan tidak lebih dan tujuh orang.
  6. Waktu diskusi tidak terlalu lama (1,5 – 2,0 jam) dan harus dihentikan sebelum peserta merasa jenuh.